Kursus Terjangkau di Udemy

Sejak kenal dengan Udemy beberapa tahun lalu, saya mulai tertarik belajar apapun. Ya, apapun, yang menurut saya menarik dan bisa menambah kompetensi saya secara profesional dan juga hobi. Platform kursus online yang berdiri sejak tahun 2009 ini memberikan berbagai macam kursus dengan biaya terjangkau. Semua kursus ada disini.

 

Apa itu Udemy

Udemy.com is an online learning platform. It is aimed at professional adults who want to add new skills to their resumes, or explore their passions.

 

Our Origin:

Growing up in a small Turkish village with a one-room schoolhouse, our founder Eren Bali had limited educational opportunities, until his family got a computer. Fueled by his dreams to compete internationally in chess and mathematics, Eren used the internet to access learning resources and connect with people all over the world. With the help of these communities, he earned a silver medal in the International Math Olympiad.

After online learning changed his life, Eren partnered with co-founders Oktay Caglar and Gagan Biyani toward a common goal: to make quality education more accessible and improve lives through learning.

Kalau anda browsing kursus di Udemy, mungkin Anda akan melihat beberapa kursus dengan harga $150 sampai dengan $200. Hmm, cukup mahal ya, terus terjangkaunya dimana? Eit, sabar dulu. Cobalah kembali membuka Udemy beberapa hari kemudian, biasanya Udemy sering sekali memberikan diskon kursus sampai dengan 95%!

Anda harus sedikit jeli dengan diskon yang ada di Udemy. Ada beberapa diskon yang diberikan bagi anda yang sudah mendaftar/ sign up. Ada juga beberapa diskon yang diberikan untuk pengguna pertama kali, dan ada juga diskon yang diberikan sebelum anda login. Yang terakhir ini menarik, karena harga setelah login dan sebelum login bisa berbeda dan saya pernah mengalaminya.

Kalau dilihat kenapa harga-harga kursus di Udemy bisa sangat murah jika dibandingkan dengan Coursera ataupun sejenisnya. Dengan harga yang murah, maka akan semakin banyak peserta (student) yang mendaftar (enroll). Peserta senang dengan harga yang murah dan Instruktur senang karena banyak yang mendaftar. Everybody happy 🙂

 

Website Udemy

 

Bagaimana dengan kualitasnya?
Ada beberapa kursus yang bagus, ada juga beberapa kursus yang kurang bagus. Berikut ini bisa menjadi panduan untuk anda dalam memilih kursus di Udemy:

  1. Rating: 5 bintang adalah rating tertinggi. Umumnya kursus yang bagus memiliki rating di atas 4.5 bintang.
  2. Enroll. Berapa banyak yang ambil kursus. Semakin banyak jumlah peserta/ student, maka kursus bisa dibilang sukses.
  3. Preview. Anda bisa melihat materi kursus yang dibawakan oleh Instruktur. Biasanya akan ada beberapa Preview video. Lihat video tersebut dan anda bisa menilai sendiri apakah Instruktur tersebut cocok untuk Anda.
  4. Review. Testimonial dari pengguna sangat berharga untuk memberikan gambaran kursus secara keseluruhan. Cobalah untuk melihat beberapa review, mulai dari yang memberikan 1 bintang sampai dengan 5 bintang.
  5. Instructor. Instruktur yang baik akan menceritakan dirinya dengan jelas, pengalaman-pengalaman secara profesional, sertifikasi yang di dapat, berapa banyak kursus yang dibuat dan berapa banyak student yang mengambil kursus.

 

Bagaimana cara mendapatkan diskon?
Pertama, cek Udemy setiap minggu. Biasanya setiap minggunya, Udemy akan memberikan biaya ujian sebesar $10 – $20. Banyak diantaranya yang gratis! Biaya ujian ini akan berubah dan semakin mahal setiap harinya. Jika anda sudah ada pilihan kursus di Udemy dan harganya belum $10, bersabarlah!

Yang kedua, rajin-rajinlah searching di Google dengan keyword “Udemy Coupon”. Banyak sekali website-website yang memberikan kode kupon dengan diskon hampir 95%. Saya seringkali mendapatkan kupon dari website-website ini.

Udemy sangat membantu saya dan tim project dalam meningkatkan professional development yang efeknya mampu meningkatkan kinerja tim di dalam project. Saya dan teman Project Manager sengaja membuat satu account Udemy yang dapat diakses oleh tim yang kebanyakan software developer/ software engineer. Materinya pun seputar dunia Software Developer. Mereka mempunyai jadwal kursus setiap minggunya dan langsung menerapkannya ke dalam project.

Sedangkan saya sendiri, lebih banyak mengambil kursus yang berhubungan dengan dunia IT, Business Development, dan Project Management

Tidak semua kursus yang saya minati, saya ambil di Udemy. Ada beberapa materi kursus seperti Risk Management yang menurut saya kurang lengkap jika dibandingkan dengan GreyCampus dan Simplilearn. Daripada harus membayar lagi, saya lebih memilih untuk mengambil kursus di Simplilearn atau GreyCampus.

Salah satu keuntungan kursus online adalah kita bisa mengatur kecepatan (pace) sesuai dengan kebutuhan, akses yang tidak dibatasi oleh waktu (lifetime access), dan juga bisa diakses dimanapun dan kapanpun melalui mobile apps, baik di Android maupun di iOS.

Jika kita sudah menyelesaikan keseluruhan materi atau sudah menyelesaikan 90% materi kursus, kita akan mendapatkan “certificate of completion” yang dapat di didownload langsung dalam format .pdf dan .jpg.

Leave a Reply