Cara Mudah Mendapatkan PDU

Sertifikasi PMP (Project Management Professional) berlaku selama 3 tahun dan setiap pemegang sertifikat PMP harus bisa mengumpulkan 60 PDU (Professional Development Unit) dalam kurun waktu tersebut untuk bisa mempertahankan sertifikat PMP yang dimilikinya. Itu artinya kita mempunyai waktu sekitar 1095 hari untuk mengumpulkan 60 PDU. Kalau dirata-ratakan, maka untuk mendapatkan 1 PDU, kita diberi waktu sekitar 18 hari.

Kalau dilihat dari waktu tersebut, menurut saya tidak sulit untuk mendapatkan 60 PDU. Tidak sulit sama sekali. Jadi, sangat disayangkan kalau ada pemegang sertifikat PMP yang harus kehilangan sertifikatnya hanya gara-gara tidak mampu memenuhi 60 PDU.

Kasus seperti ini ternyata banyak sekali di Indonesia. Walaupun saya tidak mengetahui persis berapa jumlahnya, tetapi info seperti ini sering saya dengar melalui obrolan santai setiap ada event Project Management. “Tuh, si itu tuh, udah gak PMP lagi gara-gara gak dapet 60 PDU”. Bahkan salah satu kolega saya di kantor pun kehilangan sertifikasi ini karena alasan lupa.

PMI sendiri sudah memberikan langkah-langkah bagaimana cara mendapatkan PDU. PMI membagi 2 cara untuk mendapatkan PDU melalui Education dan Giving Back. Untuk Education, anda bisa mendapatkan PDU melalui Training/ Kursus, Organization Meeting, Online Course, membaca buku mengenai Project Management, menjadi mentor training, ataupun ketika anda berpartisipasi dalam diskusi Project Management. Sedangkan untuk Giving Back, anda bisa mendapatkan PDU ketika anda menjadi Volunteer di Chapter, memberikan presentasi, menjadi mentor ataupun membuat content yang berhubungan dengan Project Management.

CCR Program

Continuing Certification Requirements (CCR) Program

 

Dari semua cara yang diberikan oleh PMI, saya akan share beberapa cara  yang saya gunakan untuk mengumpulkan 60 PDU. Ketika saya menulis ini, saya sudah mengumpulkan 58 PDU. Semua saya dapatkan dalam kurun waktu 10 bulan saja.

Dashboard CCRS yang menampilkan jumlah PDU

 

1. Online Learning

Udemy adalah pilihan pertama saya untuk kursus online. Karena harganya terjangkau dan materinya cukup baik jika dibandingkan dengan punyanya Simplilearn atau GreyCampus. Anda bisa mendapatkan kursus PMI-ACP dengan 21 PDU, Scrum Master dengan 5 PDU, Microsoft Project dengan 8 PDU, ITIL dengan 8 PDU. Masing-masing kursus tersebut harganya adalah $10.99. Dengan biaya sekitar $33, saya sudah mengumpulkan hampir setengahnya.

PDU Udemy

Salah satu kursus online di Udemy dan PDU yang bisa didapatkan

 

2. Webinars

Ini adalah salah satu cara yang paling saya suka. Modalnya cukup kuota internet untuk streaming. Webinars di websitenya Project Management terdiri dari 2 pilihan, Live atau On-demands. Kalau Live anda perlu registrasi terlebih dahulu. Kalau pengin santai, anda bisa search berdasarkan kategori yang anda inginkan. Enaknya lagi, di sini anda juga bisa memilih berdasarkan Talent Triangle (Technical, Leadership, Strategic). Webinars yang berdurasi sekitar 1 jam ini, nilainya sama dengan 1 PDU. PDU akan masuk dalam waktu 1×24 jam ke dalam CCRS account anda. Mudah kan?

Webinars

Di Webinars anda bisa memilih content berdasarkan Talent Triangle

 

3. OMM (Open Membership Meeting)

OMM adalah event yang diaadakan oleh PMI Indonesia Chapter. Anda tidak perlu menjadi member PMI Indonesia Chapter untuk mengikuti event ini. Di OMM, biasanya akan ada pakar-pakar (Prominent Speaker) dari berbagai industri yang akan membahas apapun yang berhubungan dengan Project Management. Durasinya sekitar 3 jam dengan biaya sekitar 75ribu – 150ribu, dan peserta yang hadir akan mendapatkan sertifikat + 3 PDU. Karena acaranya diadakan di hari kerja, biasanya saya suka cari-cari waktu yang jadwal meetingnya lagi kosong. Kalau mau gak keluar biaya, tinggal bilang sama boss biar dibayarin sama kantor.

 

4. Mentoring

Kalau anda biasa memberikan materi presentasi yang berhubungan dengan Project Management, atau sedang melakukan mentoring, anda bisa claim PDU ke CCRS Account. Tapi untuk yang satu ini, jumlahnya dibatasi hanya sampai 8 PDU selama statusnya “Working as Professional”. Di kantor, saya pernah melakukan mentoring mengenai Project and Portfolio Management (PPM). Ketika saya tanya-tanya ke salah satu pengurus PMI Indonesia Chapter, ternyata bisa di claim di CCRS Account. Yess!

 

Itulah keempat cara yang sudah pernah saya lakukan untuk mengumpulkan 60 PDU. Mudah, cukup murah, dan ada bukti baik materi ataupun sertifikat dalam memperoleh PDU. Mungkin ada pertanyaan “Kenapa gak ada Self-learning, padahal kan baca buku juga bisa di claim?”. Saya tidak memasukkan membaca buku karena sulit melihat log/ arsip yang pernah saya lakukan.

Kalau anda adalah seorang procrastination yang menunggu sampai mau habis 3 tahun baru ngumpulin PDU, tersedia banyak sekali tawaran-tawaran di internet yang berisi paket 60 PDU. Istilah kerennya “60 PDU Bundle”. Harga dari yang paling murah sekitar $95 sampai yang paling mahal sekitar $300. Kalau dilihat sih isinya sama aja, materi-materi training yang dijadikan satu.

2 Responses to “Cara Mudah Mendapatkan PDU”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.