Membuat Halaman Download di WordPress

Ketika pertama kali membuat blog ini, saya berencana menambahkan satu halaman download untuk sharing beberapa artikel yang saya anggap layak untuk dipublikasikan, seperti bahan-bahan workshop, seminar ataupun bahan-bahan kuliah. Akhirnya, setelah menunggu sebulan lebih, rencana itu terwujud juga. Yeaaah..!

Sebenernya kalo mo dibuat halaman download biasa pun bisa. Saya tinggal upload file di layanan File Hosting seperti Rapidshare atau 4share, copy link location dan paste di blog. Tetapi cara tersebut kurang nyaman bagi saya. Penginnya sih bisa langsung di download dari blog ini supaya bisa ketahuan statistiknya.

Setelah cari-cari plugin di wordpress.org, saya menemukan WP-DownloadManager yang dibuat oleh Lester ‘GaMerZ’ Chan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan untuk dapat menggunakan plugin WP-DownloadManager.

  • Download plugin WP-DownloadManager. Versi terakhir 1.40.
  • Upload dan esktrak di direktori wp-content/plugins.
  • Activate plugin melalui menu Plugins.
  • Re-Generate Permalink (WP-Admin -> Settings -> Permalinks -> Save Changes)
  • Membuat halaman download melalui menu Pages > Add New. Di dalam post content area, saya mengetikkan page_download untuk menampilkan daftar file yang akan di download. Pastikan mode pengetikan dalam mode HTML.
  • Kembali ke menu Downloads. Di dalam menu ini terdapat sub menu Manage Downloads, Add File, Download Options, Download Templates dan Uninstall WP-DownloadManager. Upload file melalui sub menu Add File.
  • Jadi deh. Hasil dari halaman download bisa dilihat di sini

Yang saya suka dari plugin ini adalah kemampuannya untuk menampilkan banyaknya file, ukuran file dan hits. Selain itu juga kita bisa menambahkan kategori file dan mengatur template sesuai dengan keinginan kita.

Semoga bermanfaat.


6 Responses to “Membuat Halaman Download di WordPress”

  1. deddy rusdiansyah

    salam bloger
    mas saya sudah coba download wp-downloadmanager, kok masih belum bisa di download yah filenya..padahal proses uploadnya gak ada masalah. saya curiga di setting permalink, setiap kali download proses ada tapi filenya gak masuk.

    butuh sharingnya nih…

    terima kasih

    Reply
  2. ibel

    mas setting permalinknya gmn sich?? bs ngaupload tp d menu download g bs nampilin yg data yang di upload

    Reply
    • vlado

      Halo mas olengk,

      Kalo saya nggak salah, D60pc menggunakan satu halaman ‘redirectdownload’ yang isinya berupa file html. File html ini ketika di klik akan berisi link sebenarnya tempat file itu berada. Mas olenk bisa mengaksesnya di d60pc.com/redirectdownload/. Misalnya, kita mo download NAMA_FILE_A.exe. Ketika kita meng’klik link tersebut, d60pc akan mengarahkan ke d60pc.com/redirectdownload/NAMA_FILE_A.html. Di halaman NAMA_FILE_A.html inilah akan berisi link file yang akan di download (NAMA_FILE_A.exe)

      Untuk melakukan redirect, ada yang namanya Request dan Destination. Dari contoh di atas, redirectdownload/NAMA_FILE.html sebagai Request, sedangkan Destination’nya bisa berada di tempat lain (misalnya hxxp://olengk.com/NAMA_FILE_A.exe).

      Kalo bikin secara manual, diperlukan satu halaman baru yang akan menerima ‘case’ per halaman html tersebut, nantinya halaman ini akan mengecek, jika yang di klik adalah NAMA_FILE_A.html, maka web akan menampilkan halaman dengan download link ke NAMA_FILE_A.exe

      Yaa.. kira-kira begitu 😉

      Reply

Leave a Reply