Membuat Blog Versi Mobile

Walaupun udah telat, nggak apa-apa deh. “Better late than nothing”. Baru kepikiran nih mo buat blog versi mobile, setelah kemarin salah satu temen yang buka blog ini lewat BlackBerry’nya bilang “do, blog lo kok nggak berubah yah, biasanya khan suka berubah gitu kalo lewat hape”. Hmm… iya juga yah, gemes aja ngeliat blog jadi keliatan lebih kecil, sulit dibaca dan terlalu banyak gambar. Dengan adanya blog versi mobile, pengunjung akan lebih dimudahkan karena tata letak blog menjadi lebih ringkas. Selain itu akses juga akan menjadi lebih cepat karena blog tidak lagi merender semua gambar jika dibandingkan dengan versi aslinya.

Untuk plugin, saya menggunakan WordPress Mobile Pack versi 1.2.4. Setelah instalasi plugin selesai, maka akan muncul 3 submenu baru di bawah menu Appearance, yaitu: Mobile Theme, Mobile Widgets dan Mobile Switcher, submenu Mobile Analytics di bawah menu Tools dan submenu mpexo di bawah menu Settings.Mobile Theme berfungsi untuk mengatur tampilan. Disini anda bisa mengatur banyaknya postingan, banyaknya kata-kata pembuka dari tiap-tiap postingan serta media apa saja yang anda ingin tampilkan di mobile handset.

Mobile Widget memberikan anda pilihan, widget apa saja yang ingin anda tampilkan di mobile handset.

Sedangkan Mobile Switcher akan mendeteksi apakah user mengakses menggunakan mobile handset atau menggunakan mobile domain (contoh: m.adikristanto.net).

Dengan WordPress Mobile Pack, kita juga bisa melihat traffic blog yang diakses menggunakan mobile handset. Selain itu juga terdapat mpexo server yang berfungsi sebagai online directory.

Ada 4 menu tampilan versi mobile yang bisa anda pilih (base, blue, green dan red) dan 3 tampilan default (tema wordpress anda, wordpress classic dan wordpress default). Berikut ini beberapa screenshot yang saya ambil dari BlackBerry Onyx.

The switcher can detect whether the user is using a mobile device or has requested a mobile domain

Leave a Reply