Lola oh Lola. Loading Lama

Hari ini saya membuka blog dengan browser Firefox merasa ada yang aneh. Kok loading blog saya menjadi agak lambat yah. Biasanya sekitar 5 detikan dah langsung kebuka semua, tapi hari ini sekitar 8 detikan baru mau kebuka. Padahal koneksi internet gak ada masalah, nelepon web hosting juga gak ada masalah. Akhirnya saya coba test di webwait untuk melihat loading time halaman blog saya. Oh my gooooosh, ternyata blog saya sedang ‘Lola’ alias loading lama.

Tersangka utama penyebab lola ini adalah banyaknya plugin yang saya install. Ada 10 plugin yang saya instal, ditambah beberapa widget seperti shoutmix, feedjit, plurk, clustermap dan hit counter. Yang saya lakukan untuk mengurangi waktu loading adalah uninstall beberapa plugin yang kira-kira nggak butuh banget dan menghapus 1 widget :-p (berharap ngaruh). Dengan menghapus 1 widget di sidebar kanan, saya berhasil mengurangi 2 preview post (mudah-mudahan ngaruh). Selain itu saya juga memperkecil ukuran gambar. Dan inilah hasilnya…

Ini sebelum di optimize:

Yang ini sesudah di optimize, terjadi penurunan laoding time sebesar 3.04 detik. Lumayan 😀

Ada beberapa saran yang mungkin berguna supaya blog gak kenal sama yang namanya neng LoLa:

  1. Gunakan plugin yang benar-benar perlu. Pilih plugin yang membantu optimasi, kinerja dan pengaturan blog. Saya sempat gila plugin ketika awal-awal ngeblog. Semua plugin dicobain satu-satu dari yang penting sampe nggak penting banget.
  2. Pakai template yang ringan.
  3. Pastikan CSS nya oke. Ada banyak CSS Optimizer di internet.
  4. Kurangi penggunaan javascript dan iFrame. Contohnya widget Shoutmix, widget ini menggunakan javascript dan tampilannya menggunakan iFrame. Tapi.. saya masih nggak rela ngilangin Shoutmix.
  5. Kurangi penggunaan gambar yang besar. Gambar yang besar menghasilkan ukuran file yang besar pula. Atur kembali besar kecilnya gambar. Yang penting pengunjung tetap nyaman melihat gambar yang ada.

Hasil yang saya dapet baru di test di kantor dengan kecepatan 128Kbps. Blom coba di Dial-Up dan warnet-warnet. Kalo dah tes, nanti saya update lagi.

Leave a Reply