Bing, Search Engine Baru Dari Microsoft

Setelah menunggu lama, akhirnya search engine besutan Microsoft yang bernama Bing resmi diluncurkan pada tanggal 3 Juni yang lalu. Bing merupakan sebuah proyek ambisius Bill Gates untuk menyaingi Google. Microsoft mengeluarkan dana yang sangat besar untuk menghambat kesuksesan Google.

Sebelumnya, Bing sudah diperkenalkan kepada masyarakat luas tetapi menggunakan nama yang berbeda. Nama search engine tersebut adalah Kumo. Berbeda dengan Google yang diambil dari kata Gogol mempunyai arti bilangan yang sangat banyak, Bing merupakan kata benda yang berarti sedikit sekali. Namun Bing juga bisa juga sebagai kata kerja yang berarti untuk menjalankan pencarian web. Microsoft telah menginvestasikan banyak sekali uang untuk menghambat laju Google, namun tidak ada yang berhasil menyurutkan kegemilangan Google sebagai search engine. Tengok saja MSN, hampir tidak popular di kalangan pengguna internet sebagai search engine.

Dari segi tampilan, Bing terlihat begitu menarik. Halaman awal search engine terlihat segar dengan adanya gambar latar belakang yang berubah-ubah setiap harinya. Walaupun Bing masih dalam versi beta, fitur-fitur yang ada dapat kita gunakan sama halnya seperti Google. Di Bing kita dapat mengelompokkan pencarian berdasarkan Web, Images, Videos, Shopping, News, Map dan Travel. Beberapa fitur yang ditawarkan search engine ini antara lain:

  • Best Match: hasil pencarian yang relevan akan muncul dan link yang paling relevan akan ada pada puncak list
  • Instant Answers: Hanya dengan melakukan satu klik, Anda dapat langsung mengakses informasi yang ada pada hasil pencarian
  • Bing Maps: Map untuk Enterprise ini sebenarnya merupakan Virtual Earth yang merupakan mapping platform kepunyaan Microsoft
  • Bing Travel Rate Key: perbandingan dari lokasi hotel, harga yang akan ditampilkan dengan warna merah pada tulisannya.

Untuk pencarian web, saya coba memasukkan kata armin van buuren. Dalam hasil pencarian, di sidebar sebelah kiri akan ditampilkan semua informasi mengenai Armin van Buuren, seperti: tour, songs, ticket, merchandise, ticket dan video. Di sebelah kanan hasil pencarian terdapat sebuat titik berwarna kuning. Kalau kita arahkan kursor ke titik kuning tersebut, Bing akan memberikan informasi singkat mengenai isi halaman.

Hasil dari pencarian gambar ditampilkan pada satu layar dan dapat di scroll ke bawah. Kita dapat memilih tampilan gambar yang ditunjukkan oleh 4 ukuran thumbnail, yaitu kecil, sedang, besar dan besar dengan keterangan. Jika kursor diarahkan ke gambar yang diperoleh, maka gambar akan zooming dan menampilkan keterangan yang meliputi ukuran gambar dan asal gambar. Jika gambar di klik maka seperti Google, gambar yang dipilih berada di bingkai di bagian atas web sumber. Namun hasil-hasil pencarian yang lain tetap ditampilkan di list sebelah kiri.

Bulan ini Google merajai dunia mesin pencarian dengan meraih sebanyak 64,2% dari seluruh pengguna internet di Amerika Serikat. Di posisi kedua, Yahoo! berhasil meraih 20,4% pemakai. Sedangkan Microsoft duduk di posisi ketiga dengan hanya mendapat 8,2%.

Akankah usaha Microsoft kali ini berhasil, atau sama dengan nasib-nasib sebelumnya, kalah dalam peperangan search engine? Kita lihat saja.

4 Responses to “Bing, Search Engine Baru Dari Microsoft”

  1. Jimmy Antiporda

    i have been using the BING search engine for a couple of weeks. Bing seems to be as good as Google but for some reason i would still want to stick with Google search engine <

    Reply
  2. Pinay Smith

    i am using both Bing and Google and i think both search engines give relevant search results. i would still prefer Google though, because it gives a little bit more relevant search results than Bing.

    Reply
  3. Carmen Cruz

    BING search engine is just as good as Google. In my own personal experience, Google does give more releveant search result than Bing but the difference is very small. **

    Reply
  4. Heather May2

    my default search engine is Yahoo but now i am using BING because it is much better than Yahoo. i heard that Bing search engine would power Yahoo search also.

    Reply

Leave a Reply