Perbedaan Contact Hours dan PDU

Salah satu syarat wajib untuk mengambil sertifikasi PMP adalah memiliki setidaknya 35 Contact Hours pendidikan formal Project Management. Banyak pertanyaan yang sering saya temui dari teman-teman yang akan mengambil sertifikasi PMP. “Apa sih perbedaan Contact Hours dan PDU?”

 

Apa itu Contact Hours?
Contact Hours adalah satuan ukuran yang mewakili satu jam yang diberikan kepada seseorang. Dalam konteks Project Management, Contact Hours adalah jumlah jam yang didapat oleh seseorang ketika mengambil pendidikan formal Project Management. Formal disini adalah yang sesuai dengan PMP handbook (halaman 9), yaitu:

1. PMI Registered Education Providers (R.E.P.s)
2. PMI Chapters
3. Employer/company-sponsored programs
4. Training companies or consultants (e.g., training schools)
5. Distance-learning companies, including an end-of-course assessment
6. University/college academic and continuing education program

Contoh 1: Anda dipilih oleh perusahaan untuk hadir dalam Agile Project Management Training yang diadakan oleh Regional Office di Singapore, dan yang akan memberikan Training adalah lembaga training resmi yang sudah berpengalaman dalam Project Management Training. Training diadakan selama 2 hari, mulai dari Pukul 08:00 s.d Pukul 16:00. Peserta training akan mendapatkan sertifikat.

Nah, dari contoh tersebut, anda bisa klaim kalau anda sudah mendapatkan 14 Contact Hours yang didapat dari 7 jam pelatihan selama 2 hari.

Contoh 2: Anda mengikuti training persiapan ujian PMP yang diadakan oleh lembaga training terkenal di Indonesia yang sudah terdaftar di PMI. Training diadakan selama 5 hari, mulai dari Pukul 09:00 s.d Pukul 17:00.

Dari contoh tersebut, anda mendapatkan 35 Contact Hours karena anda sudah mengikuti 7 jam pelatihan selama 5 hari.

PMI juga membuat kriteria yang tidak diterima sebagai Contact Hours, seperti:

1. PMI Chapter Meetings
2. Self-Study (e.g. reading books)

Disini jelas ya, meeting dan belajar sendiri tidak bisa diklaim sebagai Contact Hours.

 

Perbedaan Contact Hours dan PDU
Contact Hours adalah jam yang didapat seseorang sebelum mengambil sertifikasi. Sedangkan PDU (Professional Development Unit) didapat seseorang setelah mendapatkan sertifikasi.

Bagaimana dengan masa berlaku? PMI sendiri tidak memberikan pernyataan mengenai masa berlaku Contact Hours yang kita dapatkan. Itu artinya pelatihan Project Management yang pernah kita dapatkan di tahun-tahun sebelumnya bisa kita klaim sebagai syarat mendapatkan sertifikasi kapanpun. Sebagai contoh, anda training di tahun 2015, sedangkan anda baru akan ujian PMP di tahun 2018. Contact Hours di tahun 2015 bisa anda gunakan sebagai syarat ujian PMP di tahun 2018.

 

Apakah Contact Hours syarat wajib?
Ya. Di PMP Handbook ditulis bahwa “The course work must be completed at the time you submit the application“. Jadi hukumnya adalah wajib untuk mendapatkan Contact Hours sebelum mengambil ujian sertifikasi yang dikeluarkan oleh PMI.

Ketika kita sudah berhasil mendapatkan sertifikasi, sayangnya Contact Hours yang kita dapatkan tidak bisa kita klaim sebagai PDU. Ada benarnya juga sih. Aneh aja, ketika kita training PMP sebagai syarat untuk mendapatkan PMP, kita gunakan juga sebagai PDU. Inti dari PDU adalah supaya kita terus belajar hal-hal baru, menunjang sertifikasi yang sudah kita dapatkan dan tentunya bisa menambah kompetensi.

Leave a Reply