Home » Lifestream, Telco

Mengatasi Nuked Blackberry

Tidak seperti biasanya, hari ini Rhea agak sedikit berbeda. Smartphone canggih yang selalu berada dalam genggamannya, kali ini tergantikan oleh smartphone keduanya, cukup canggih sih, tapi.. kalah tenar dengan smartphone pertamanya. Seperti tidak mau memendam perasaan sedihnya, akhirnya dengan wajah memelas… “Huhuhu… BBnya mati total!”

Awalnya Blackberry dalam keadaaan menyala, kemudian LED merah akan menyala dalam beberapa detik, setelah itu akan muncul progress bar. Tidak lama kemudian Blackberry akan reboot dan akan mengulang proses yang sama secara terus menerus. Kondisi permanent reboot inilah yang dikenal dengan istilah Nuked. Nuked inilah pula yang menyulitkan kita melihat isi Blackberry dengan Blackberry Desktop Manager. Jika kita coba menghubungkan Blackberry ke komputer dengan kabel USB, yang terjadi adalah komputer akan memberitahu kita status detected dan undetected device secara terus menerus.

Pikiran jahat kini mulai merasuki kepala Rhea. Kali ini dia mulai berpikir, bagaimana caranya dengan Bold 9000 yang sudah Nuked ini dia bisa mendapatkan Bold 9780. Huahahaha… Bahkan dia sudah berniat akan menjualnya, berapapun harganya.

Cara untuk menyembuhkan Nuked Blackberry sebenernya sama saja dengan Upgrade OS. Yang dibutuhkan adalah Instalasi sistem operasi yang baru dan menjalankan file Loader. Dengan proses ini, semua aplikasi pihak ketiga yang terinstal akan benar-benar terhapus. Anda bisa menginstal kembali aplikasi yang anda butuhkan setelah proses instalasi selesai. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk memperbaiki Nuked Blackberry.

Langkah pertama:
Install OS Blackberry dan pastikan Blackberry tidak terkoneksi dengan komputer. Buka Windows Explorer dan masuk ke folder AppLoader (C:\Program Files > Common Files >Research In Motion > AppLoader). Hapus file vendor.xml dan Jalankan file Loader.


Langkah kedua:
Dalam Application Loader Wizard, di bagian kotak Connection akan terlihat COM1, karena Blackberry belum terhubung ke komputer. Hubungkan Blackberry ke komputer dengan kabel USB. Ketika terdeteksi, akan muncul tulisan USB-PIN:UNKNOWN, kemudian tekan tombol Next.

Langkah ketiga:
Pilih aplikasi yang diperlukan, kemudian klik Next untuk menyetujui semua perubahan. Saatnya rileks… dan tunggu sampai pesan The loading operation was successful muncul. Blackberry akan reboot secara automatis dan biasanya akan memakan waktu yang cukup lama untuk proses booting pertama kali (saya menunggu sampai 10 menit untuk Bold 9000).

Setalah booting selesai.. Violaaaa!!! Blackberry seperti baru kembali. Blackberry kini sudah dapat terkoneksi dengan Blackberry Desktop Manager. Anda bisa merestore kembali data-data anda dan menginstal aplikasi pihak ketiga yang terhapus. Untuk kasus Blackberry Rhea yang saya tangani, hanya contact BBM yang masih ada, sisanya… benar-benar terhapus.

Keadaan Nuked Blackberry sering terjadi secara tiba-tiba dan sayangnya data-data yang ada tidak bisa kita selamatkan. Antisipasi yang bisa kita lakukan adalah dengan backup data secara rutin, bisa seminggu sekali, dua minggu sekali ataupun satu bulan sekali.

Senyum lebar terlihat jelas di wajah Rhea, bunyi notifikasi BBM mulai bersahutan tanpa henti setelah seharian dalam keheningan. Sayangnya… pikiran jahat itu masih permanent reboot di kepalanya… “Vlado.. makasih yah.. besok mo aku jual, terus aku mo ganti Onyx 2 aja”. Hahaha…

Be Sociable, Share!

7 Comments

  • ajho says:

    Kenapa setelah muncul USB PIN : UNKNOWN klik next muncul device password required?? Ini diisi dengan password apa?
    Terima kasih

    [Reply]

    vlado Reply:

    Isi dengan password BB anda. Jika anda tidak menggunakan password, coba ulangi lagi prosesnya.

    Kalo masih nggak bisa juga, sepertinya harus di WIPE menggunakan “JL_CMDR”. Tutorial lengkapnya bisa dilihat di alamat berikut: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1566261

    Semoga membantu :-)

    [Reply]

  • Andre says:

    Ia saya juga, stelah Click ‘Next’ , Muncul Password, Kalau mau diisi, Passwordnya apa ya, kalau saya tidak tahu Password BB nya gimana, Bisa gak pake Password yg Lain, Trmksh.” 8-| :-S

    [Reply]

    vlado Reply:

    Kalo nggak tau password BB, coba di wipe terlebih dahulu menggunakan JL_CMDR sebelum install OS :-)

    [Reply]

  • obed says:

    gw jga lagi bermasalah dengan BB bold gw gan..
    kasusnya sma nuked..

    gw uda coba seharian persis dengan cara diatas..
    tapi pada updeting your device setelah load jvm and system software selesai dan masuk ke wait for device initialization langsung berhenti
    bold gw reload kembali dan prosesnya berhenti..
    mohon pencerahannya gan…!!! :)

    [Reply]

    vlado Reply:

    Hi Obed,

    Pake DM versi berapa? Coba gunakan DM versi 4.3, trus coba lagi. Pastikan Wipe sebelumnya menggunakan JL_CMDR

    [Reply]

  • udin says:

    Kox pake os 8300, yg diperbaiki bold 9000. Bisa suprotkan? Ane pake Os yg downgrade ga mau suport dia yg versi 4.6

    [Reply]

Leave a reply

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally recognized avatar, please register at Gravatar.

Side Notes

This entry was posted by on December 13, 2010 at 10:27 am and filed under Lifestream, Telco category.

You can add your comments or trackback from your own site. To keep you updated to the latest discussion, you can subscribe to these comments via RSS.

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally recognized avatar, please register at Gravatar.

Popular Posts

Tag Cloud

Welcome!



adi kristanto, bogor and jakarta. full-time telecommunication engineer, part-time entrepreneur, enthusiast photographer, life-time traveler, trance music listener

adikristanto.net is my lifestream. thank you for taking time to visit my blog


   


flickr photostream