Lacak Kiriman EMS

Saya adalah pengguna setia eBay. Belanja apapun asalkan murah dan ada di eBay, pasti saya beli. Saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari hanya untuk mengobservasi barang incaran. Kalau barang itu ada di Indonesia dengan selisih harga yang masih masuk akal, saya akan pilih beli di Indonesia, tapi kalau selisihnya besar dan barangnya tidak ada di Indonesia, eBay bisa jadi pilihan terakhir.

Sejak kenal eBay dari tahun 2005, mungkin sudah ratusan barang yang saya beli. Mulai dari bibit cabe Bhut Jolokia, barang printilan naik gunung buatan China, helm sepeda yang nyarinya susah setengah mati, buku-buku Amazon yang menolak kirim ke Indonesia, sampe miniatur/ diecast motogp valentino rossi keluaran minichamps.

Sejauh ini sih aman-aman aja belanja di eBay ataupun online store lain seperti DealExtreme, dan tidak terlalu peduli mengenai lamanya pengiriman. Kalau barangnya dari China atau Hongkong, saya sudah estimasi sekitar 1-2 minggu barang pasti sampai. Kalau barangnya dari Eropa seperti UK, Ukraina, Italy, estimasi sekitar 2-3 minggu. Kalau barangnya dari US, estimasi 3-4 minggu.

Kalau dulu cuek-cuek aja beli barang, karena yakin barangnya pasti sampe walaupun Seller sudah mengirimkan Tracking Number. Tapi sekarang, berasa lama dikit, pasti suka berasa ada yang aneh, entah mungkin tertahan di Customs/ Bea Cukai ataupun di Kantor Pos. Langsung deh buru-buru cek Tracking Number untuk mengetahui lokasi terakhir. Nah, kalau statusnya Processing Document by Custom, siap-siap deh datang ke Kantor Bea Cukai di Pasar Baru.

Semua kiriman barang yang masuk ke Indonesia dalam status Registered/ Terdaftar dapat dicek melalui website Pos Indonesia untuk melacak posisi terakhir barang. Di websitenya terdapat fasilitas Lacak Kiriman. Anda cukup memasukkan Tracking Number/ Tracking Code yang diberikan oleh Seller. Hasil dari Lacak Kiriman EMS berupa informasi tracking EMS (Express Mail Service) dalam bentuk Shipment Code yang sayangnya tidak mudah untuk diketahui oleh orang awam.

Nah, berikut ini adalah beberapa informasi lacak kiriman EMS dalam bentuk gambar yang dikeluarkan oleh Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Soekarno Hatta. Dari gambar di bawah ini terdapat pemisahan tanggung jawab antara Bea Cukai dan Kantor Pos. Jadi, yang warna biru adalah tanggung jawab Bea Cukai/ Customs, sedangkan yang berwarna jingga adalah tanggung jawab Kantor Pos.

Berikut adalah beberapa kode shipment status EMS dan artinya:

ems_status

Klik Gambar Untuk Perbesar

  • Posting/ Collection – Barang sudah berada dalam sistem pengiriman EMS dan siap diproses untuk dikirimkan ke Indonesia.
  • Departure from Outward OE – Barang anda sudah diberangkatkan dari negara pengirim dan dalam perjalanan pengiriman ke Indonesia.
  • Arrival at Outward OE – Paket anda sudah berada dalam kantor bea cukai Indonesia. Seharusnya dalam 2-8 hari proses ini akan selesai, jika ada masalah akan dikembalikan ke pengirimnya.
  • OE (Office of Exchange) – Ini bisa berarti kantor pertukaran barang internasional atau bea cukai setempat.
  • Arrival at Inward OE – Barang sedang diurus oleh bea cukai.
  • Airport Handling – Pihak bandara udara sedang membongkar kargo dan mensortir paket anda.
  • Processing document by Customs – Bea cukai akan mengecek dokumen barang yang dikirim dalam paket anda.
  • Held by Customs *) Tax : Rp. 0,00 – Bisa muncul status yang mirip seperti ini, ini menunjukkan bahwa barang anda sedang ditahan atau diproses bea cukai dan ada pajak tambahan.
  • Arrival at Delivery – Paket anda diteruskan ke Pos Indonesia untuk dikirimkan.
  • Final Delivery – Paket anda dalam proses pengiriman ke alamat tujuan dan atau sudah diterima dengan selamat.

Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB (Freight on Board) USD 50,00 (lima puluh US Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor.

Ketentuan Pembebasan Bea Masuk dan Tidak Dipungut Pajak Dalam Rangka Impor:

  • Barang kiriman dengan nilai pabean paling banyak FOB USD 50,00 (lima puluh US Dollar) untuk setiap orang per kiriman, diberikan pembebasan bea masuk dan tidak dipungut pajak dalam rangka impor;
  • Dalam hal pabean melebihi batas pembebasan bea masuk, maka barang kiriman dipungut bea masuk dan pajak dalam rangka impor dengan dasar nilai pabean penuh dikurangi dengan nilai pabean yang mendapatkan pembebasan bea masuk.

Untuk barang di atas $50, Bea Cukai sudah menyiapkan Kalkulator Bea Masuk dan Pajak Impor yang anda bisa isi sesuai dengan nilai pabean dan jenis barang.  Hal ini sangat berguna untuk menghitung biaya tambahan yang perlu anda keluarkan ketika akan mengambil barang di kantor pos.

Berikut adalah perhitungan Bea Masuk pembelian barang seharga $121.40 yang saya beli dari ebay. Saya sudah menyiapkan uang sekitar 300 ribu. Sampai di kantor Pos Fatmawati, benar saja saya harus membayar sebesar 280 ribu + 7 ribu untuk biaya administrasi pengeluaran barang. Total 287 ribu. Untuk cara pembayaran bisa dilakukan secara cash ataupun debit.

calculator_beamasuk

Klik Gambar Untuk Perbesar

Sebagai contoh, berikut adalah perjalanan salah satu barang yang saya pesan dari UK dengan pembelian di atas $50

Lacak Kiriman UK

Contoh berikutnya adalah perjalanan salah satu barang yang saya pesan dari Australia dengan pembelian di atas $ 100.

lacak_kiriman_au

Contoh berikutnya adalah perjalanan salah satu barang yang saya pesan dari UK dengan total pembelian di bawah $50

lacak_kiriman_uk_1

Nah, bagaimana kalau statusnya “Processing Document by Custom”? Anda bisa menunggu sekitar 1 minggu untuk tahu berapa biaya yang harus Anda keluarkan. Tapi jika sudah lewat 1 minggu dan status belum berubah, segera ke kantor Bea Cukai terdekat. Untuk daerah Jakarta, lokasinya berada di Kantor Pos Pasar Baru, lantai 3. Disitu akan ada petugas yang siap untuk mengonfirmasi paket kiriman dan biaya yang harus Anda keluarkan.

Hal ini terjadi dengan saya. “Processing Document by Custom” sudah lebih dari 1 minggu tidak berubah sama sekali. Setelah menemui petugas Bea Cukai, ternyata Seller tidak melampirkan invoice, dan Bea Cukai menilai bahwa barang yang dikirim melebihi $50. Setelah saya memberikan invoice yang sudah saya cetak sebelumnya, petugas bea cukai akan menghitung dan barang bisa diambil saat itu juga.

Oh iya, pastikan waktu selesai perhitungan sebelum jam 5 sore agar barang bisa diambil saat itu juga. Jika lewat, maka barang baru bisa diambil besok hari. Pastikan juga untuk datang di pagi hari jika Anda tidak mau menunggu antrian yang menurut saya sangat lama. Saya mendatangi kantor bea cukai pukul 13:00 dan mendapat antrian Nomor 32 ketika antrian berada di nomor 20, dan saya baru dilayani pukul 15.00. Dengan 2 petugas dan 12 antrian, berarti rata-rata setiap orang dilayani selama 20 menit. Hahaha lama!

Leave a Reply