Facebook Username, Cara Baru Penamaan Di Facebook

Situs yang menempati urutan pertama Top Sites in Indonesia berdasarkan Alexa ini, kini sudah dapat diakses dengan menggunakan username untuk penggunanya. Dengan menggunakan username, orang dapat lebih mudah mengingat halaman profil orang lain dibandingkan dengan deretan angka-angka yang selama ini digunakan.

Sebenernya saya bukan penggila facebook, tapi nggak tau kenapa pas facebook mengumumkan akan menggunakan username, saya jadi terpancing untuk merubahnya. Hahahaa. Sampe-sampe saya mengeset alarm di handphone saya untuk tanggal 13 Juni 2009 jam 00.00. Walaupun akhirnya saya tidak beruntung mendapatkan username yang saya inginkan.

Perancang facebook, Blaise DiPersia, menulis gagasan untuk menggunakan username pada 9 Juni di dalam satu pesan kepada semua pemakai Facebook.  “Ketika teman, anggota keluarga dan sesama rekan kerja anda mengunjungi profil anda atau Halaman di Facebook, mereka akan dapat memasukkan nama pemakai anda sebagai bagian dari URL di dalam browser mereka. Dengan cara ini, orang akan memiliki cara yang mudah diingat untuk menemukan anda,” katanya.

Hasil pantauan saya ke temen-temen, ternyata masih banyak yang belum mendaftarkan username. Entah belum tahu atau tidak mau menggunakan username. Dari 500 lebih teman yang terdaftar di facebook saya, hanya 116 orang yang benar-benar menggunakan username. Hahaha… niat banget ngetesnya.

Cara mendapatkan alamat Username Facebook:

  • Masuk ke alamat http://www.facebook.com/username untuk melakukan pendaftaran.
  • Silahkan pilih username sesuai saran facebook, atau pilih kotak kosong bertuliskan Enter desired yourname untuk menulis username sesuai selera Anda. Nah ini dia nih.. tadinya saya udah siap-siap untuk mengisikan ‘vlado’ pada tanggal 13 Juni. Gara-gara nggak dapet, akhirnya saya memutuskan untuk memilih ‘stefanus.vlado’.
  • Tekan tombol Check availability. Kalo tidak tersedia, coba dengan nama lain.
  • Apabila tersedia tekan set username.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa username yang dibuat hanya mengandung karakter alphanumeric (a-z, 0-9) atau titik (.) dengan panjang minimal 5 karakter. Jika nantinya sudah membuat username, maka username ini tidak bisa diganti dengan yang lain, jadi pastikan bahwa username yang Anda pilih benar-benar sudah sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa membuka Help mengenai username di http://www.facebook.com/help.php?page=897

Leave a Reply